Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Pasang Teralis Jendela

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Pasang Teralis Jendela

Memasang teralis jendela merupakan salah satu cara termudah dalam mencegah maling untuk tidak membobol rumah. Meskipun teralis memiliki peran utama sebagai elemen pengaman pada rumah, namun bukan berarti cara instalasi ini dan desainnya dipandang sebelah mata. Oleh sebab itu, bagi Anda yang yang berencana untuk melakukan pemasangan teralis jendela, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dahulu Bagaimana cara melakukan instalasi atau pemasangannya dengan proporsional. Simak ulasannya dalam artikel di bawah ini. 

Pilihlah Desain Teralis Jendela yang Sesuai dengan Interior Rumah 

Terkadang Masih banyak orang yang secara sembarangan menentukan desain teralis jendela. Di pikiran mereka yang paling penting adalah jendela terlindungi dan sulit untuk dibobol oleh maling. Padahal, sudah punya teralis jendela di pasaran saat ini tersedia dengan ragam jenis dan desain. Berbekal memilih desain teralis jendela yang tepat, maka estetika rumah menjadi lebih bernilai. Hal ini sangat diutamakan apabila hunian anda menerapkan gaya atau desain yang sangat mencolok. 

Ada baiknya jika Anda memilih motif teralis jendela yang disesuaikan dengan desain interior dan eksterior hunian anda. Pada teralis yang di dalamnya terdapat motif lekuk dan alur rumit tentu saja tidak akan maju apabila terpasang pada jendela rumah yang menerapkan konsep desain minimalis. Akan tetapi, desain teralis semacam itu sangat cocok pada rumah yang mengaplikasikan gaya desain klasik. Sementara pada rumah minimalis direkomendasikan untuk memilih keramik yang bermotif lurus agar mempertahankan kesan elegan. 

Sebelum Memasang Teralis Jendela, Perhatikanlah Jarak Jeruji 

Sebagai langkah keamanan, anda dapat memilih teralis yang jaraknya sekitar satu besi dengan besi yang lain dan tidak lebih 30 * 30 cm. Pastikan pula jarak antara cara satu jeruji dengan jeruji yang lain rapat, yaitu sekitar 10 cm hingga 20 cm. Hal tersebut disesuaikan menurut ukuran kusen jendela. Pastikan anda memperhatikan secara teliti dan berhati-hati. 

Berbekal pengukuran yang tepat, maka semakin minim pula kemungkinan orang yang tidak bertanggung jawab atau maling membobol rumah melalui teralis jendela. Ada baiknya jika anda memasang teralis jendela lantai satu secara permanen agar lebih aman karena langsung berhubungan dengan luar rumah. 

Pahami Bagaimana Cara Memasang Teralis Jendela dan Proporsional 

Agar tingkat keamanannya semakin terjamin, masakan pulang untuk memasang baut tralis secara tersembunyi. Dengan demikian, komponen tersebut akan sulit untuk dibongkar oleh maling. Adapun yang harus anda perhatikan adalah teralis tidak hanya berfungsi sebagai langkah pencegahan dari orang luar supaya aman, akan tetapi perhatikan pula keamanan penghuni di dalamnya (orang rumah) apabila sedang dalam keadaan darurat. 

Khususnya ketika terjadi kebakaran, maka lakukanlah antisipasi dengan memasang satu teralis yang bisa dibuka tutup. Sehingga para penghuni rumah dapat berjalan keluar. Pastikan pula untuk menyediakan ruang yang cukup agar jeruji dapat diakses oleh satu tangan secara mudah ketika akan membuka tutup jendela.

Baca juga: Tips Memilih Bengkel Las Profesional dan Berpengalaman