Tips Memilih Cat Anti Karat untuk Besi

Tips Memilih Cat Anti Karat untuk Besi

Selain memprioritaskan pada tampilan luar, ada baiknya anda juga lebih mengutamakan pada daya tahan ketika menentukan perabot atau material bangunan. Satu di antaranya yaitu material berbahan metal. Pastikan anda menggunakan cat anti karat agar daya tahan metal dapat terjaga untuk jangka panjang. 

Cat anti karat adalah suatu cairan yang dilapiskan pada material besi, baja atau beberapa material metal lainnya. Tujuan dari pemberian lapisan cat anti karat tak lain agar material-material metal tersebut dapat tercegah dari proses perkaratan atau korosi

Secara umum, proses korosi diakibatkan oleh reaksi kimia karena adanya kontaminasi senyawa eksternal. Usut punya usut, kontaminasi tersebut berasal dari udara dan air disekitarnya. Cat anti karat memiliki peranan penting dalam memproduksi bahan metal dari percampuran kontaminasi dan reaksi senyawa-senyawa eksternal yang bersifat korosif. 

Lantas, bagaimanakah cara memilih cat anti karat yang sesuai dengan kebutuhan material material metal atau besi anda? Khususnya jika anda memiliki komponen material yang terletak di luar rumah, seperti pagar dan lain sebagainya. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini. 

Ketahui Tipe Cat Anti Karat yang Sesuai 

Di pasaran saat ini telah tersedia aneka cat anti karat yang yang digolongkan menurut jenis material metal. Untuk itu, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu material metal apakah yang nantinya akan dilapisi oleh cat anti karat. Terdapat tipe cat anti karat yang berguna sebagai lapisan primer, yaitu cat yang perlu dilapisi kembali dengan cat finishing. Adapun cat khusus yang diperuntukkan pada material metal dimana peletakannya berada diluar rumah atau outdoor, sampai pada cat yang dapat memberikan proteksi si pada material besi apabila ditanam pada kedalaman tanah atau air tertentu. 

Pastikan anda melakukan konsultasi pada para penjual. Jangan lupa untuk membaca secara teliti deskripsi produk cat anti karat yang akan anda pesan. Cat yang Anda beli bisa difungsikan secara tepat guna sesuai keperluan. Begitu pula pada kesesuaian tipe cat dengan jenis material metal yang akan anda lapisi. Perlu Anda ketahui, pemberian lapisan anti karat pada material baja bisa saja akan sedikit berbeda dengan material aluminium atau seng. 

Ketahui Pigmen pada Cat Anti Karat

Ketika anda sedang menyeleksi cat anti karat, setidaknya terdapat sejumlah opsi warna yang bisa anda sesuaikan. Sederhananya, tentu anda akan memilih warna cat anti karat yang sesuai dengan desain pada desain interior atau eksterior bangunan. Akan tetapi, ada baiknya pula anda perhatikan berapa kandungan pigmen serta zat yang di dalamnya. Sebab kandungan pigmen pada cat anti karat akan berdampak pada daya tahan lapisan ketika difungsikan dalam memproteksi furniture atau perabotan. 

Cat anti karet yang memiliki kualitas tinggi sejatinya mempunyai pigmen dasar, disebut dengan zinc berkadar tinggi. Pigmen yang terkandung pada cat ternyata mampu memberikan proteksi pada besi dari resiko perkaratan dalam jangka waktu panjang, bahkan mampu memberikan daya tahan yang jauh lebih kuat. 

Pilihlah Merk Cat Anti Karat yang Sudah Dipercaya 

Cat anti karat yang berkualitas unggul pastinya tidak memiliki harga miring di pasaran. Daripada memprioritaskan harga dalam pertimbangan pembelian cat anti karat, ada baiknya anda juga memperhitungkan brand atau merek dari cat yang akan dibeli. Pastikan anda memilih merk cat anti karat yang telah teruji dan menghadirkan ragam varian produk yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan anda. Jika Anda terjerumus memilih produk cat anti karat yang hanya terkenal dari harga murahnya saja, bisa jadi akan sia-sia karena kinerja nya yang tidak begitu maksimal. 

Pastikan Pengaplikasian Cat Anti Karat Sesuai Standar Berlaku 

Melakukan pengecatan cat anti karat sekilas terdengar tidak jauh berbeda dengan pekerjaan ringan sederhana. Walau demikian, justru kesalahan kecil dapat menjadikan cat anti karat tidak berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, anda harus mematuhi petunjuk penggunaan. Bisa juga berkonsultasi pada teknisi berpengalaman agar mengetahui proses pengaplikasiannya. 

Semisal yaitu dimulai dengan proses persiapan permukaan yang bersih, kering, tidak berdebu sampai pada proses pemberian lapisan akhir atau finishing dari cat anti karat dengan cat biasa untuk menghasilkan warna akhir pada elemen besi. Langkah-langkah tersebut mungkin gampang-gampang susah bagi Anda yang belum berpengalaman. 

Baca juga: Tips Memilih Cat yang Tepat untuk Material Besi